InfoBrand Forum 2025: Strategi Bersaing dan Bertumbuh di Era Digital yang Kompetitif
Posted by: Agus Aryanto | 30-06-2025 10:29 WIB | 704 views

INFOBRAND.ID - Menjaga bisnis tetap tumbuh dan berkembang bahkan memenangkan persaingan di tengah persaingan bisnis yang kian kompetitif di era digital saat ini, menjadi semakin menantang. Selain membutuhkan kreativitas dan inovasi yang tepat, brand dan perusahaan perlu beradaptasi terhadap tren perkembangan teknologi digital dan perubahan perilaku konsumen.
Tidak hanya itu saja, brand juga harus memiliki strategi yang tepat guna meningkatkan penjualan melalui platform digital. Bahkan di tengah perkembangan teknologi digital yang semakin advance, pelaku brand dan pemimpin perusahaan dituntut dapat memanfaatkan teknologi dengan lebih strategis dan efektif khususnya dalam berkomunikasi di depan publik dan konsumen.
Memahami dinamika yang terjadi dalam menjalankan bisnis di era saat ini, pada Kamis 26 Juni 2025, INFOBRAND.ID bekerjasama dengan TRAS N CO Indonesia, kembali menghadirkan INFOBRAND FORUM 2025, rangkaian seminar nasional dan awarding ceremony yang menghadirkan tema penting dan penghargaan prestisius.
Seminar dengan tema; “Strategies to Increase Sales and Win the Market” disampaikan oleh Dedy Budiman., M.Pd, selaku Champion Sales Trainer and Founder Asosiasi Sales Director Indonesia. Dalam pemaparannya, Dedy Budiman mengatakan dunia bisnis berubah dengan sangat cepat, menuntut pelaku bisnis harus terus adaptif, yang berarti memiliki kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kondisi atau lingkungan.
“Dalam menjalankan bisnis yang penuh tantangan di lingkungan dan iklim yang terus berubah, pelaku bisnis harus adaptif. Sebagai pelaku bisnis harus menguasai Adaptif selling behaviors, atau kemampuan untuk menyesuaikan strategi dan komunikasi penjualan agar selaras dengan berbagai jenis pelanggan serta beradaptasi secara efektif terhadap konsidi lingkungan yang dinamis,” jelas Dedy Budiman.
Lebih lanjut Dedy Budiman menjelaskan, “GURITA” berarti; Gigih, teguh dalam menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah. Ulet, konsisten dan terus mencari cara untuk closing. Responsif, cepat membaca peluang dan menyesuaikan strategi. Inisiatif, mandiri dalam mengambil keputusan tanpa harus selalu menunggu instruksi. Teknis, meyakinkan pelanggan dengan strategi komunikasi yang cerdas dan persuasif. Dan Antisipatif, selalu melangkah lebih maju dalam membaca kebutuhan pelanggan dan mengatasi masalah sebelum terjadi.
Di momen istimewa yang digelar di The Sultan Hotel & Residence Jakarta, INFOBRAND.ID dan TRAS N CO Indonesia juga menghadirkan dua penghargaan bergengsi; INDONESIA DIGITAL POPULAR BRAND AWARD 2025 dan BRAND CHOICE AWARD 2025.
INDONESIA DIGITAL POPULAR BRAND AWARD 2025 merupakan penghargaan bergengsi bagi brand-brand di Indonesia yang telah sukses membangun popularitas serta meningkatkan aktifitas brand-nya melalui media digital atau internet, sehingga unggul dan popular dibandingkan brand lainnya.
Penghargaan ini diberikan kepada brand-brand popular di ranah digital berdasarkan riset dan penilaian Indonesia Digital Popular Brand Index yang dilakukan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan IMFocus Digimarketing Consultant selaku Certified Google Partner. Penghargaan didasarkan pada tiga parameter penilaian; Search Engine Based, Social Media Based, dan Website Based.
Adapun brand-brand peraih Indonesia Digital Popular Brand Award 2025 antara lain; Flimty untuk kategori Suplemen Serat, MyRepublic untuk kategori Internet Berlangganan, Allianz Syariah untuk kategori Asuransi Jiwa Syariah, Wika untuk kategori Solar Water Heater, Enervon C untuk kategori Vitamin C, dan Oxone untuk kategori Juicer, Pisau Dapur dan Panci Presto.
BRAND CHOICE AWARD merupakan apresiasi dan pengakuan bergengsi yang diberikan oleh TRAS N CO Indonesia bekerjasama dengan media INFOBRAND.ID kepada brand-brand Nasional dan Internasional yang memasarkan produknya melalui marketplace di Indonesia, dan dinilai telah berhasil menjadi pilihan konsumen Indonesia.
BRAND CHOICE AWARD 2025 diberikan berdasarkan hasil riset Brand Choice Index dengan mengacu kepada tiga parameter penilaian, yaitu; Digital Brand Awareness Aspect, Digital Consumer Choice Aspect dan Digital Consumer Reviews & Rating Aspect. Beberapa brand peraih Brand Choice Award 2025 dalam event tersebut antara lain; Brand Hansaplast untuk kategori Plester Luka dan Simba untuk kategori Cereal, dan masih banyak brand lainnya.(***)