Departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga Sukses Gelar Sertifikasi EDP From CSR to CSV

JAKARTA, INFOBRAND.ID - Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sukses menggelar program Sertifikasi EDP From CSR to CSV: Manajemen Strategis Berbagi. Diikuti 60 peserta dari kalangan praktisi brand dan perusahaan dan akademisi, program tersebut bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang CSR berkelanjutan atau CSV.
Dr. Gancar C. Premananto, CMA, Ketua Departemen Manajemen FEB Universital Airlangga Executive Consultant EDP mengatakan, program tersebut terlaksanana dalam dua gelombang, pertama dilaksanakan pada bulan April 2021 diikuti oleh 40 peserta, dan kedua dilaksanakan pada bulan Juni 2021 diikuti oleh 20 peserta.
Program tersebut digelar untuk menjawab kebutuhan instansi dan lembaga termasuk perusahaan dan kampus untuk melaksanakan Creating Shared Value (CSV) dengan benar. Menurut Gancar selama ini perusahaan banyak pihak telah melaksanakan CSV, namun belum memahami bagaimana pengukurannya.
“Salah satu materi ada SROI (Social Return on Investment), sehingga mereka bisa mengadakan CSV hingga mengevaluasinya,” jelas Gancar.
Yang juga diajarkan, lanjut Gancar, dalam melaksankan program CSV harus strategis dengan core bisnis perusahaan, artinya kegiatan sosial yang dijalankan harus berkaitan dengan kegiatan bisnis. Kemudian inovatif, program CVS harus ikonik karena kegiatan yang dilaksanakan juga merupakan bagian dari pemasaran.
Untuk mendapatkan pengetahuan tersebut, penyelenggara menghadirkan mentor berkompeten seperti Abdul Manan, MM – Senior Manager Departemen CSR PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Dr. Gancar C. Premananto, CMA – Ketua Departemen Manajemen FEB Universitas Airlangga Executive Consultant EDP, John Hardi, ST. MSM, CSM – Penggerak CSR Provinsi Jawa Timur Executive Consultant CSR EDP, dan Tri Raharjo, MM – CEO TRAS N CO Indonesia dan Founder INFOBRAND Group.
Menurut Gancar, peserta berasal dari kalangan praktisi seperti perusahaan BUMN dan Swasta, dan akademisi dari berbagai kampus di Indonesia. Beberapa peserta seperti dari Pelindo, BRI, Perbankan, dan juga ada dari akademisi seperti dari ITS dan IPB. Bagi korporasi tentu saja kegiatan tersebut bermanfaat bagi perusahaan dalam melaksanakan program CSV. Sementara bagi kalangan akademisi, selain dijalankan dalam aktivitas berbagi juga digunakan sebagai bahan studi.
Lebih lanjut Gancar menjelaskan, pelatihan tersebut juga merupakan bagian dari 3 manfaat yang bisa diambil oleh perusahaan. Yang pertama pelatihan itu sendiri, kedua komunitas, dan ketiga penghargaan. Pelatihan wadah memahami CSV, Komunitas wadah berbagi dan networking, dan awarding sebagai ajang menguji berkompetisi secara positif dan mendapatkan pengakuan.
“Secara umum, perusahaan memberikan manfaat bagi terutama di masa pandemi ini,” ujar Gancar.
Mengenai penghargaan sendiri, Departemen Manajemen FEB Universital Airlangga bekerjasama dengan INFOBRAND.ID menggelar Top CSV Award 2021, sebagai pengakuan dan penghargaan kepada perusahaan yang berhasil menjalankan CSV. Penghargaan tersebut bukan hanya untuk perusahaan yang mengikuti program pelatihan, tapi dibuka untuk umum brand dan perusahaan di Indonesia.
“Semua perusahaan yang mendaftar nantinya akan dinilai dan berkesempatan untuk mendapatkan penghargaan Top CSV Award 2021,”
Sementara dalam penjurian untuk menentukan pemenang Departemen Manajemen FEB Universital Airlangga bekerjasama dengan INFOBRAND.ID dan Asosiasi CSR. Adapun kriteria penilaian yang dugunakan adalah; Perusahaan atau brand dinilai oleh Dewan Juri memiliki program Creating Share Value (CSV). Perusahaan atau brand pemenang TOP CSV Award mempresentasikan program CSV dihadapan dewan Juri.