Sabtu, 11 Oktober 2025

Follow us:

infobrand
11th INFOBRAND

LCGC, Pilihan Bijak untuk Pembeli Mobil Pertama di GIIAS 2025

LCGC, Pilihan Bijak untuk Pembeli Mobil Pertama di GIIAS 2025 Astra Daihatsu Sigra menjadi primadone untuk kelas mobil LCGC yang menawarkan berbagai kelebihan dan harganya yang terjangkau. (Foto: Dok. Astra Financial)

INFOBRAND.ID Membeli mobil memerlukan pertimbangan yang matang. Apalagi mobil yang ingin dibeli adalah mobil pertama. Kondisi mobil tentunya menjadi pertimbangan utama, agar jangan sampai setelah mobil terbeli, justru dipusingkan dengan biaya-biaya perbaikan yang musti dilakukan.

Maka untuk meminimalisir kemungkinan perbaikan, membeli mobil baru menjadi pilihan bijak. Memang untuk mobil baru harganya akan lebih mahal, jauh jika dibanding dengan mobil bekas. Tapi bagi pembeli mobil pertama, kondisi baru tentu akan lebih baik, untuk dapat mengenali mobil dalam kondisi yang sehat, sampai saatnya membutuhkan perbaikan.

Untungnya mobil baru tidak semuanya mahal. Seperti mobil LCGC (Low Cost Green Car), yang berarti mobil harga terjangkau dan ramah lingkungan. Mobil jenis LCGC sendiri meluncur melalui program pemerintah, yang ingin mendorong produksi dan penggunaan kendaraan yang hemat energi dan emisi rendah, serta memiliki harga yang lebih terjangkau bagi masyarakat.

IKLAN INFOBRAND.ID

IBOS EXPO 2025

Dalam event GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2025 yang berlangsung 24 Juli – 3 Agustus 2025, beberapa mobil LCGC seperti mobil City Car; Daihatsu Ayla ditawarkan dari harga Rp140, juta hingga Rp176 juta. Untuk mobil tujuh penumpang, juga ada Daihatsu Sigra yang ditawarkan dengan harga Rp141 juta hingga Rp161 juta.

Dari segi merek, Daihatsu adalah merek mobil asal Jepang dibawah naungan Daihatsu Motor Co., Ltd. Yang berkantor pusat di Ikeda, Prefektur Osaka, Jepang. Di Indonesia, Daihatsu Ayla dan Sigra diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

Selain harganya yang terjangkau, mobil LCGC juga memiliki beberapa keunggulan seperti; irit bahan bakar dan ramah lingkungan. Umumnya konsumsi bahan bakar mobil ini mencapai 20km/liter. Karena irit bahan bakar, sehingga menjadikannya lebih ramah lingkungan.

IKLAN INFOBRAND.ID

TOP INNOVATION CHOICE AWARD 2025

Kelebihan selanjutnya, ukurannya yang kecil terutama untuk City Car, juga membuatnya lebih kompak, sehingga mudah dikendalikan dan parkir. Karena ukurannya yang kecil pula, membuatnya lebih murah dalam perawatan, karena harga sparepart juga lebih rendah.

Selain itu yang paling penting, merek Daihatsu, sebagai salah satu mobil paling laris di pasaran Indonesia membuat harganya cenderung stabil, dan tidak terlalu jatuh ketika dijual kembali. Hal ini tentu akan lebih menguntungkan jika ingin dijual kembali, ketika ingin mengupgrade mobil dengan tipe yang lebih tinggi atau seri terbaru.

Menjawab kebutuhan tersebut, Astra Financial bersama PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation menghadirkan talk show edukasi keuangan bagi pengunjung GAIKINDO International Auto Show (GIIAS) 2025 bertema kepemilikan mobil pertama. Program ini juga menyoroti mobil Low Cost Green Car (LCGC) sebagai solusi ideal bagi konsumen muda berusia 25-35 tahun dengan pendapatan minimal Rp 8 juta.

IKLAN INFOBRAND.ID

JASA PRESS RELEASE

Di dalam talk show yang diselenggarakan secara langsung pada Kamis (31/7/2025) di Main Booth Astra Financial, Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, menghadirkan Marketing and Sales Astra Financial, Ariandana Wantho dan Hendra, serta Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono.

Membuka sesi diskusi tersebut, Marketing and Sales Astra Financial, Ariandana Wantho, menyebutkan bahwa di Indonesia, pembeli mobil pertama mendominasi pembelian mobil secara keseluruhan sebanyak 60%. Data tersebut menunjukkan bahwa proses motorisasi di kota-kota kecil dan daerah berkembang masih terus berlangsung.

”Pembeli mobil pertama yang mendominasi pasar otomotif nasional menunjukkan bahwa industri masih memiliki potensi untuk bertumbuh untuk digarap secara lebih luas. Mobil LCGC menjadi pilihan favorit bagi pembeli mobil pertama karena penggunaan bahan bakar yang irit, harga yang terjangkau, dan ramah lingkungan,” tutur Ariandana.

Dalam penjelasannya, Ariandana juga menjelaskan bahwa peran industri keuangan turut memainkan peranan penting dalam memberikan fasilitas kemudahan bagi pembeli mobil pertama. Dikatakan sebanyak 70% pembelian mobil di Indonesia dilakukan secara kredit, ini mempertegas bahwa peran layanan keuangan khususnya pembiayaan sangat penting dalam mengakomodir aksesibilitas masyarakat terhadap kendaraaan bermotor.

Daihatsu Sigra Terjual Lebih dari 425 Ribu Unit

Sementara, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk – Daihatsu Sales Operation, Tri Mulyono, turut mempertegas potensi mobil LCGC bagi pembeli mobil pertama. Daihatsu menjadi pangsa pasar nomor 1 untuk segmen LCGC di Indonesia.

”Berdasarkan data pangsa pasar, Daihatsu menjadi nomor 1 untuk segmen LCGC, yaitu sebesar 41%, sejak diluncurkan pada tahun 2016 Astra Daihatsu Sigra telah terjual lebih dari 425 ribu unit,” tutur Tri.

Mobil LCGC seperti Astra Daihatsu Sigra menjadi pilihan mobil keluarga dengan harga yang cukup terjangkau khususnya bagi pembeli mobil pertama. Selain itu, Sigra juga memberikan efisiensi bahan bakar yang tinggi dengan kapasitas 7 penumpang. Selain itu, Astra Daihatsu Sigra juga cocok untuk keperluan usaha dan telah terbukti banyak pengguna yang telah menggunakan kendaraan tersebut bertahun-tahun.

”Daihatsu memiliki lebih dari 170 jaringan bengkel resmi di seluruh Indonesia yang memberikan kemudahan layanan purna jual (after sales) dan tentunya ketersediaan suku cadang bagi pelanggan yang membutuhkan. Harga jual kembali atau re-sale value dari produk Daihatsu Sigra juga cukup baik, sehingga cocok untuk masyarakat Indonesia yang sangat mempertimbangkan hal tersebut,” tutur Tri.

Pada program talk show tersebut secara lebih lengkap Marketing and Sales Astra Financial, Hendra, turut merincikan seluruh keuntungan yang bisa didapatkan apabila membeli mobil Daihatsu Sigra selama perhelatan GIIAS belangsung khususnya secara kredit.

”Seperti yang sudah sering digaungkan oleh Astra Financial dengan layanan One Stop Financial Solution-nya mulai dari layanan pembiayaan, asuransi, hingga layanan transaksi digital, Astra Financial menawarkan keuntungan, yaitu hemat sampai dengan Rp 25,95 juta untuk setiap pembelian mobil Daihatsu Sigra selama GIIAS,” tutur Hendra.

Melalui Astra Credit Companies (ACC) dan Toyota Astra Financial Services (TAF), Astra Financial menawarkan bunga spesial sebesar 2,3% untuk pengajuan kredit dengan tenor 1-3 tahun dan bunga spesial sebesar 4,5% untuk pengajuan kredit dengan tenor 4-5 tahun.

Pembelian mobil Astra Daihatsu Sigra secara kredit di ACC ataupun TAF normalnya akan membayar angsuran perbulannya sebesar Rp 3,36 juta dengan uang muka sebesar 25%. Namun, jika itu dilakukan di GIIAS, pengunjung akan mendapatkan bunga spesial sebesar 4,5% untuk tenor 5 tahun, sehingga besaran cicilannya hanya Rp 3,17 juta, artinya ada selisih cicilan sebesar Rp 190 ribu selama 5 tahun yang setara dengan keuntungan, yaitu hemat sebesar Rp 11 juta.

“Dengan dukungan program dan promo cashback dari layanan unit bisnis Astra Financial lainnya, total keuntungan yang bisa didapatkan sampai dengan Rp 25,95 juta,” ungkap Hendra.

Program edukasi tersebut diharapkan dapat meningkatkan daya tarik pengunjung GIIAS khususnya bagi pembeli mobil pertama dalam mewujudkan mobil impiannya. Mobil LCGC masih dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai pilihan tepat dengan beragam kelebihan yang dimilikinya, serta dengan memahami keuntungan yang bisa didapatkan dari layanan Astra Financial secara menyeluruh dapat meningkatkan keuntungan serta memberikan better life bagi pembeli mobil pertama.(***


Share This Article!

Video Pilihan dari INFOBRAND TV